Psikologi Pendidikan ; Psikologi Pendidikan & Psikologi Sekolah

07.24

PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.

A. Tujuan Psikologi Pendidikan
Tujuan Psikologi Pendidikan adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan.

B. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan

    • Pengembangan kurikulum
    • Pengembangan program pendidikan
    • Pengembangan sistem pembelajaran
    • Sistem evaluasi

C. Aspek Pengembangan Kurikulum / Program yang Direncanakan

    • Karakteristik psikologis peserta didik.
    • Kemampuan peserta didik untuk melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
    • Pengalaman belajar sisa
    • Hasil belajar
    • Standarisasi kemampuan siswa

D. Pengembangan Program Pendidikan

    • Penyusunan jadwal pelajaran, ujian, dan sebagainya, dengan mempertimbangkan aspek psikologis peserta didik.
    • Digunakan untuk penentuan dalam memilih jurusan / program studi.
    • Harus mengacu pada upaya pengembangan kemampuan potensial peserta didik.

E. Pengembangan Sistem Pembelajaran

    • Pemilihan teori belajar yang akan diapikasikan
    • Pemilihan model-model pembelajaran
    • Pemilihan media dan alat bantu pembelajaran
    • Penentuan aplikasi waktu belajar dari pembelajaran

F. Sistem Evaluasi
    • Penentuan teknik evaluasi [teknik tes atau teknik non-tes]
    • Penentuan jenis tes [lisan, tulisan, dan perbuatan, serta objektif atau subjektif]
    • Penentuan mengenai pelaksanaan evaluasi



PSIKOLOGI SEKOLAH
Psikologi sekolah adalah penerapan ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis agar tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.
     

A. Tugas Psikologi Sekolah
Membentuk individu yang sehat mental guna tercapainya peoses belajar, seperti:
  • High academic achievement
  • Positive social skills and behavior
  • Healthy relationships and connectedness
  • Tolerance and respect for other
  • Competence, self-esteem, and resiliency

B. Fungsi Psikologi Sekolah
     (Sukadji, 2000):

  • Tingkat psikodiagnosa
  • Tingkat klinis dan konseling
  • Tingkat industri dan organisasi


C. Pelayanan Psikologis
  • Assessment
  • Consultation for student. teacher, parents, and staff
  • Prevention
  • Intervasion
  • Staff, parent, and student education
  • Research and program development
  • Mental health care

You Might Also Like

0 komentar