Psikologi Pendidikan ; Manajemen Kelas

07.09

A. Pengertian
Managemen kelas ialah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar yang efektif di dalam kelas.

B. Tujuan

  • Membuat kelas sebagai tempat belajar.
  • Menciptakan proses belajar efektif di dalam kelas.
  • Menciptakan suasana kelas yang kondusif.
  • Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar.
  • Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yang efektif.
  • Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individual para siswa.
C. Tren Manajemen Kelas
 
     1. Tren Lama :

  • Menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa 
  • Mengorientasi siswa pada sikap pasif dan patuh pada aturan yang ketat (melemahkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran aktif)
  • Guru sebagai pengatur
  • Model permisif
   
     2. Tren Baru

  • Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
  • Menekankan pada pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri siswa.
  • Guru sebagai koordinator dan fasilitator.
  • Penekanan pada regulasi siswa.


D. Kunci Manajemen Kelas
Menyampaikan aturan dan prosedur yang digunakan kepada kelas dan mengajak siswa untuk bekerja sama.

E. Dampak Manajemen Kelas

     1. Pada Siswa :

  • Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya.
  • Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan, bukan kemarahan.
  • Menimbulkan rasa kewajiban meliatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung.


     2. Pada Guru :

  • Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam melancarkan pelajaran.
  • Memiliki kesadaran akan kebutuhan siswa dalam mengembangkan kompetensi.
  • Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang meimbulkan gangguan.


F. Strategi Manajemen Kelas     *(disesuaikan dengan iklim, budaya, dan tingkat pendidikannya)

  • Mendesain lingkungan fisik kelas.
  • Menciptakan lingkungan positif.
  • Membangun dan menegakkan aturan.
  • Mengajak murid bekerja sama.
  • Mengatasi problem secara efektif.
  • Menggunakan strategi komunikasi.

You Might Also Like

0 komentar