Psikologi Pendidikan ; Manajemen Kelas
07.09A. Pengertian
Managemen kelas ialah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar yang efektif di dalam kelas.
B. Tujuan
- Membuat kelas sebagai tempat belajar.
- Menciptakan proses belajar efektif di dalam kelas.
- Menciptakan suasana kelas yang kondusif.
- Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar.
- Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.
- Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar yang efektif.
- Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individual para siswa.
1. Tren Lama :
- Menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa
- Mengorientasi siswa pada sikap pasif dan patuh pada aturan yang ketat (melemahkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran aktif)
- Guru sebagai pengatur
- Model permisif
2. Tren Baru
- Fokus pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
- Menekankan pada pembimbingan siswa menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekankan pada kontrol eksternal atas diri siswa.
- Guru sebagai koordinator dan fasilitator.
- Penekanan pada regulasi siswa.
D. Kunci Manajemen Kelas
Menyampaikan aturan dan prosedur yang digunakan kepada kelas dan mengajak siswa untuk bekerja sama.
E. Dampak Manajemen Kelas
1. Pada Siswa :
- Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkah lakunya.
- Membantu siswa menampilkan tingkah lakunya sesuai tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan, bukan kemarahan.
- Menimbulkan rasa kewajiban meliatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung.
2. Pada Guru :
- Mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam melancarkan pelajaran.
- Memiliki kesadaran akan kebutuhan siswa dalam mengembangkan kompetensi.
- Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang meimbulkan gangguan.
F. Strategi Manajemen Kelas *(disesuaikan dengan iklim, budaya, dan tingkat pendidikannya)
- Mendesain lingkungan fisik kelas.
- Menciptakan lingkungan positif.
- Membangun dan menegakkan aturan.
- Mengajak murid bekerja sama.
- Mengatasi problem secara efektif.
- Menggunakan strategi komunikasi.
0 komentar